• Jelajahi

    Copyright © JBN.CO.ID | Jaringan Berita Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Loading...

    Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng akan Buka Cabang Di Sekolah dan Desa

    NEWS JBN
    Selasa, 08 Oktober 2019, 03.38 WIB Last Updated 2019-10-07T20:38:10Z
      Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng akan Buka Cabang Di Sekolah dan Desa

    JBN.CO.ID ■ Perguruan Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng (SIKUNG) yang berpusat di MTs. No. 1 Kindang Jalan: Pancasila No.54 Cibollo, Desa Kindang Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, kini tengah mengembangkan Perguruan Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng hingga ke Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, salah satunya di Sekolah Yayasan MA Guppi Kindang, Senin (7/10/19).

    Pelatih Utama (SIKUNG)  mengatakan, bahwa  sangat mengapresiasi kepada pihak sekolah MTs. No.1 Kindang dan MA Guppi Kindang, yang sudah mendukung dibentuknya Cabang Perguruan Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng (SIKUNG) menjadi salah  satu kegiatan ekstra kurikuler di sekolah/madrasah tersebut selama tiga tahun terakhir ini.

    Tambahnya lagi, bahwa adapun tujuan dibentuknya cabang (SIKUNG) di SD, MTs dan SMA (Sederajat), yaitu agar para siswa/siswi mengetahui serta mampu melaksanakan Olahraga Seni Beladiri Pencak Silat / Sikung, yang merupakan salah satu Budaya Kindang, sudah sering menerima undangan resmi baik dari pemerintah mau pun di organisasi kepemudaan.

    “Kita mencari Pesilat yang berbakat untuk menjadi seorang Atlet yang berprestasi, yang dapat di pertandingkan di tingkat Daerah maupun Nasional sehingga dapat mengharumkan nama Sekolah dan nama Kota di bidang olahraga Pencak Silat," sebut Sikung.

    Dia menambahkan, bahwa Cabang SIKUNG yang dibuka di MTs. No.1 Kindang dan MA Guppi Kindang tersebut, dibuka pada  (05/1/17) yang lalu dan rutin latihan setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at.

    “Harapan saya kedepan, mari kita olahragakan masyarakat dan memasyarakatkan Olahraga di Kecamatan Kindang, khususnya Olahraga di Sekolah- Sekolah,  Serta meminta kepada Pemerintah agar turut mendukung berkembangnya Sanggar Seni Bela Diri Sikung Sapabentoeng (SIKUNG) di Desa, karena itu merupakan salah satu Budaya Kindang di bidang Olahraga Seni Bela Diri," Sebut Sikung.

    Pengamat dan pemerhati pencak silat, Guru Besar Sanggar Seni Bela diri Sikung Sapabentoeng (SIKUNG) mengajak kepada peminat olahraga bela diri asli Indonesia untuk tak melupakan Seni Bela diri pencak silat.

    Menurut guru besar berusia 35 tahun itu, di Indonesia banyak terdapat aliran dan perguruan. Atas dasar itu, ia mengaku khawatir aliran silat di Indonesia yang jumlahnya ratusan tersebut bisa punah bila tidak 'dipelihara dan ajarkan kepada generasi muda dengan baik.

    Semasa hidupnya, kata guru besar Sikung'Almarhum H. Sattuan aktif menyebarkan ilmu bela diri tradisional Indonesia tersebut ke berbagai daerah.

    Selain itu, Cucu Almarhum H. Sattuan juga berusaha melestarikan ilmu pencak silat yang ia pelajari agar bisa diteruskan ke generasi berikutnya. Upaya itu kemudian membuahkan hasil yakni rangkuman teknik-teknik gerakan dari perguran Keluarga Silat Nusantara.

    "Saya bukan ahli pencak silat. Tapi saya terinspirasi melihat almarhum nenek saya di masa hidupnya. saya pikir masyarakat dunia cukup besar untuk mengenal lebih dalam pencak silat," kata guru besar Sikung saat berbincang di Kelurahan Borongrappoa Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Senin (7//10/19).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini