• Jelajahi

    Copyright © JBN NEWS | Jaringan Berita Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Loading...

    Pengurus IWO Sumenep Gelar Safari Jurnalistik Ke Yogyakarta

    JBN NEWS
    Jumat, 31 Januari 2020, 14.14 WIB Last Updated 2020-01-31T07:14:04Z
     Pengurus IWO Sumenep Gelar Safari Jurnalistik Ke Yogyakarta

    JBN.CO.ID ■ Sekitar 10 wartawan antusias mengikuti Safari Jurnalistik 2020 yang dihelat Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumenep di lab PR jurusan ilmu Komunikasi Fisip UPNVY jl Tambak bayan nomor 2 Babarsari Kampus UPN 2 Yogyakarta, pada Kamis (30/01/2020).

    Trisno Surya, Ketua IWO Sumenep, mengatakan bahwa agenda pengurus daerah IWO bertajuk Profesional, Berwawasan, Beretika itu bertujuan untuk menimba ilmu sebelum menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di kantor IWO Sumenep nanti.

    “Saya meminta kepada anggota, khususnya anggota IWO Kabupaten Sumenep yang nantinya akan menjadi peserta UKW untuk tetap disiplin dan benar-benar siap mengikuti ujian tersebut,” ungkap Tris kelahiran Sumenep.

    Sementara kehadiran IWO Kabupaten Sumenep di UPN Veteran Yogjakarta disambut hangat Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Dra. Susilastuti DN, didampingi Tim penguji lainnya DR. Agung Prabowo, Nurgianto, dan Nizamul Akhyar mengungkapkan terimakasih dan apresiasi atas kedatangan IWO kabupaten Sumenep ke UPN Veteran Yogyakarta.

    Menurut Susi sapaan akrabnya mengatakan, mengatakan uji kompetensi bagi wartawan dan verifikasi perusahaan media adalah sarana untuk mengukur terpenuhnya pers sehat dan bertanggungjawab di Indonesia.

    “Citra profesi kita bisa tercoreng, akibat ulah oknum yang tidak kompeten dalam menjalankan praktik kewartawanan,” kata Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta ini.

    Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Dra. Susilastuti DN menyebut, bahwa Tingkat kompetensi wartawan itu ada tiga yaitu, muda merupakan wartawan yang bertugas di lapangan.

    “Madya adalah redaktur dan editor yang bertugas mengedit berita wartawan di lapangan serta Utama, adalah redaktur pelaksana, Wapemred dan Pemred yang bertanggung jawab pada produk bagian redaksi,” jelasnya.

    Lebih jauh dikatakannya, wartawan muda harus menjalani profesi tiga tahun untuk bisa ikut ujian Madya. Sedangkan wartawan Madya dapat mengikuti ujian utama setelah memiliki sertifikat dua tahun.

    “Namun Dewan Pers dapat memberikan sertifikat wartawan UTAMA kepada wartawan yang telah mengabdi dalam bidang jurnalistik minimal 25 tahun,” ungkapnya.

    ■ Kholisi

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    Loading...